Kamis, 17 Februari 2011

Bagaimana Jika Induk Kelinci Tidak Mau Menyusui Anaknya?

Young Doe Syndrome. adalah penyakit yang terjadi pada kelinci-kelinci betina pada kelompok kelahiran yang pertama dan kedua. Penyebabnya adalah septicemia akibat mastitis sehingga terjadi bengkak pada kelenjar susu. Kuman Stapphylorus aureus memasuki kelenjar susu melalui luka pada kelenjar atau putting susu.

Karena mastitis suhu badan induk panas, nafsu makannya berkurang. Putting susu bengkak dan keras, sehingga induk tidak mau menyusui anaknya. Anak-anak kelinci mati akibat tidak mendapatkan susu dari induknya.

Penyakitnya dapat disembuhkan kalau belum terlambat. Obatnya, suntikan dengan Penicillin, Dexatozoon, Sulmethoni, sulfa strong, atau Oxylin.

Selain itu kandang dibersihkan, disemprot atau dicuci dengan asepto. Anak-anak kelinci selama induknya sakit, dipelihara dikandang lain diberi rabbit milk, atau susu bubuk khusus kelinci.


Induk Tidak Mau Menyusui?
Ini adalah pertanyaan yang sering muncul bagi pemelihara kelinci pemula. Kebanyakan mereka bingung karena satu hal, tidak mau mencari pengetahuan terlebih dahulu sebelum memelihara kelinci. Akibatnya saat masa kelahiran didera kebingungan.

Anehnya, pertanyaan itu tidak disertai penjelasan latar belakang kenapa induk kelinci tidak mau menyusui. Akibatnya, pengelola situs ini maupun di fesbuk susah menjelaskan.

Sebaiknya berikut ini diperhatikan.

Induk kelinci menyusui itu ada waktunya. Biasanya pada jam-jam tertentu, bisa jam gelap datang (18:00), bisa pula jam 20:00, bisa pula menjelang subuh. Pokoknya pada jam malam, dan hanya sedikit yang menyusui pada siang hari.

Setelah melahirkan, induk memang seolah-olah cuek dengan anak-anaknya yang berjempalitan di kotak. Saat melahirkan pagi atau siang hari terkadang induk menyusui setelah beberapa jam kemudian, untuk kemudian diulang pada malam hari, tetapi ada kalanya yang menyusui langsung malam harinya.

Maka, pertanyaan mengapa induk kelinci tidak mau menyusui itu perlu diperjelas, apakah benar-benar tidak mau menyusui? untuk memastikan bahwa apakah induk menyusui atau tidak kita perlu nongkrongi sejak sore hingga subuh. Jadi, Jangan terburu-buru menyimpulkan tanpa mengenal karakteristik perawatan induk kelinci terhadap anak. Beternaklah dengan kaidah supaya tidak salah arah.

Bagaimana jika memang Induk tidak mau menyusui dengan bukti anak-anaknya pada mati? Kemungkinan tiga hal, (1) mastitis, infeksi yang disebabkan adanya sumbatan pada duktus (saluran susu) hingga puting susu pun mengalami sumbatan (2), keringnya air susu karena kurang gizi (karbohidrat dan serat), dan (3) karena disebabkan stress, biasanya disertai kanibal.

Untuk menyelamatkan semuanya, masa kehamilan harus dirawat secara baik, pasokan serat (rumput), gizi (wortel) dan konsentrat harus bagus. Ini dari sisi pakan. Dari sisi lingkungan harus tertib, jangan berdekatan dengan hewan pemangsa, banyak kunjungan orang atau berisik sehingga induk merasakan ancaman.

Sumber: kelinci.wordpress.com


Jika Kelinci Nggak Mau Menyusui Anaknya
ada beberapa tips buat para pecinta Kelinci

emang paling membahagiakan sekaligus repot juga kalo kelinci kesayangan kita akhirnya beranak juga. Bayi kelinci yang baru lahir biasanya gak punya bulu sehingga induknya harus mencabuti bulu-bulunya untuk selimut anak-anaknya.

Tapi ada beberapa kejadian induk kelinci yang gak mau mencabuti bulunya sendiri pra melahirkan, bisanya induk yang kaya gini sekaligus gak mau nyusuin anaknya juga. tuh repot gak lo… Kalo dibiarin lama2 bayi kelinci ini bisa mati karena belum bisa makan apapun, selain itu juga lum ada susu yang bisa jadiin substitusi susu induk kelinci. Sedih kan…

menurut pengalaman n pengamatan aku (maaf kalo salah), hal ini bisa terjadi karena saat hamil, ibu kelinci dipindah-pindah tempatnya, atau ibu kelinci terlalu stres dilingkungan tempat dia tinggal. Sehingga mungkin dia merasa tidak siap untuk melahirkan, jadi tidak mau mancabuti bulunya. Alasan yang kedua adalah induk kelinci yang belum siap untuk kawin namun dipaksa untuk kawin. jadi gini pren… pernah pengalaman aku melihara kelinci yang dari segi fisik n umurnya udah pas banget buat dikawinin, eh tapi ternyata waktu dimasukin pejantan di kandangnya dia berontak ketakutan sampe triak2 (lebai banget emang kelinciku) terjadilah perkawinan yang si betina sendiri sebenernya belum menghendaki walaupun sebenarnya sudah siap. eh, waktu anaknya lahir, tu induk gak nyabutin bulu2 n gak mau nyusuin anaknya sama sekali

Tips bila masalah ini terjadi ma kelinci temen2 semuanya adalah
  1. Saat dia gak mau nyabutin bulu2nya, usahakan kita siapkan jerami di tempat dia mau melahirkan. jadi anak kelinci tetep hangat…
  2. Waktu dia gak mau nyusuin, kita bimbing dia untuk mendekat menuju kotak tempat bayi2nya. Usahakan hati2 agar bayi kelinci tidak terinjak.  habis itu deketin anak2nya ke puting induknya. ntar dia bisa nyari sendiri kok. terus kita elus2 kepala dan tubuhnya penuh prasaan, ceile. Biasanya kelinci paling suka dielus2, jadi akan diem di tempat. Lakukan ini samapi ia mau menyusui anak2nya. kuncinya adalah : dielus. Lakukan ini 4 jam sekali sampai akhirnya ibu kelinci bisa ‘sadar’ untuk menyusui anak2nya lagi.
Sumber: turbinaria.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar