Rabu, 16 Februari 2011

Kelinci Terlangka Di Dunia

Kelinci Sumatra, Kelinci Terlangka Di Dunia


Kelinci Sumatra (Nesolagus netscheri) tercatat sebagai kelinci paling langka di dunia. Hewan ini dinyatakan hampir punah oleh International Union for Conservation of Nature (IUCN). Sebelumnya, hewan ini pernah dikira punah hingga pada tahun 90-an terfoto oleh seseorang.

Kelinci ini terletak pada tempat yang sangat terisolasi, hanya terdapat di hutan-hutan Bukit Barisan, Sumatra. Karena mereka terletak di tempat yang sangat terisolasi, sangat minim informasi tentang perilaku dan habitatnya. Bahkan, masyarakat setempat tak memiliki bahasa lokal untuk menyebutnya dan ada yang tak menyadari keberadaannya.

Kalau ada informasi tentang kelinci ini, itu hanyalah bahwa kelinci ini aktif pada malam hari. Di siang hari, mereka menghabiskan waktu untuk bersembunyi di dalam liang yang ditinggalkan hewan lain. Sejauh ini, tak ada bukti bahwa mereka menggali lubangnya sendiri.

Kelinci Sumatra terlihat menarik sebab memiliki warna bulu yang bermotif garis. Diperkirakan, warna bulu tersebut dimiliki agar kelinci itu bisa menyesuaikan diri dan bersembunyi di dasar hutan hujan tropis. Secara umum, kelinci inimemiliki bulu yang tebal dan lembut, garis-garis yang berwarna coklat kacang, serta satu garis yang memanjang dari tengkuk hingga ekor. Ciri lainnya adalah memiliki ekor warna merah, berberat kurang lebih 1,5 kg dan telinga yang lebih kecil dari kelinci umumnya.

Soal mencari makan, kelinci ini ternyata juga tak seperti hewan lainnya yang berkeliling wilayah tertentu, tetapi memilih untuk hanya mengikati daerah sekitar liangnya dan memakan apa tanaman apa saja yang ada di sana. Tentang reproduksinya, belum ada data yang cukup jelas oleh sebab jarangnya kajian tentang jenis kelinci ini.

Posted by KD on Oct 21, 2010
Sumber: beritaaneh.com



Inilah Darius, Si Kelinci Raksasa
Senin, 5 April 2010 | 06:51 WIB


WORCESTER, KOMPAS.com - Kelinci yang bernama Darius ini usianya lebih satu tahun, dan kemungkinan besar dia akan menjadi kelinci terbesar di dunia.

Darius si kelinci muda ini tubuhnya telah melebihi tubuh besar Alice, ibunya. Darius yang kini baru berusia 13 bulan ini panjang tubuhnya telah mencapai hampir 130 sentimeter, dari ujung hidung hingga belakang kakinya.

Berat Darius mencapai 33 kilogram lebih, yang merupakan berat rata-rata kelinci yang telah berusia lima tahun.

Darius mampu menghabiskan 12 wortel, enam apel, dua kubis, dua mangkuk campuran rumput setiap hari.

Darius masih mungkin tumbuh lebih besar lagi. Mantan pemilik toko hewan peliharaan Annette Edwards, yang mengangkat kedua kelinci, mengatakan ia mengharapkan Darius untuk terus bertumbuh sampai enam bulan ke depan hingga mencapai ukuran paling raksasa.

Sumber : dailymail.co.uk, internasional.kompas.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Penyakit yang umumnya Menyerang Kelinci

Penyakit kelinci seperti penyakit pada makhluk hidup lainnya tentu ada banyak sekali. Tetapi ada beberapa penyakit yang sering muncul dan...