Jumat, 18 Februari 2011

Business Plan Usaha Budidaya Kelinci - Contoh Proposal Bisnis

BAB I
PROFILE PERUSAHAAN

A. Nama dan Bentuk Perusahaan

Bentuk Perusahaan
Bentuk kepemilikan perusahaan kami adalah CV, karena kami adalah perusahaan yang memiliki 2 (dua) pemodal. Para pemodal ini terdiri dari aktif dan sekutu pasif. Sekutu aktif adalah sekutu yang bertanggungjawab memberikan modal (uang) dan tenaganya untuk kelangsungan perusahaan. Sedangkan sekutu pasif hanya menyetorkan modalnya saja. Pembagian keuntungan dari sekutu pasif dan aktif berbeda sesuai kesepakatan.

Nama Perusahaan
Nama Perusahaan : CV 3R RABBITRY
Nama Toko : 3R RABBIT’S

B. Alamat Perusahaan
Peternakan :
Bogor Asri
Blok AA2/19, Rt.09/09
Nanggewer, Cibinong,
Bogor 16912

Kios :
Bogor Asri
Blok AA2/19, Rt.09/09
Nanggewer, Cibinong,
Bogor 16912

Tlp/Fax :0251-7161-XXX, 0857-1116-XXXX
E-mail  : mrzie3r@yahoo.com, 3r.rabbitry@gmail.com,
Website : mrzie3r.wordpress.com, kelinci3rabbitry.blogspot.com

Denah Perusahaan kami
Denah Peternakan Perusahaan kami

Peternakan
3R RABBITRY - Kelinci LUMUTH (LUTHU dan IMUTH)™

Denah Kios Perusahaan kami

C. Gambar Logo / Lambang Perusahaan

Warna Hitam : Melambangkan kepribadian perusahaan yang selalu disegani oleh perusahaan lain

Warna Putih : Melambangkan ketulusan perusahaan dalam memajukan perkelincian secara bersama-sama dengan perusahaan lain

3R sendiri merupakan nama keluarga pemilik perusahaan yaitu ROSA, ROSI, ROSIDAH yang diambil dari  huruf pertama namanya masing-masing.

D. Visi Perusahaan
“3GAP Rabbit”
3GAP Rabbit merupakan visi dari perusahaan kami yang mempunyai arti yaitu mengenalkan jenis-kenis kelinci dan menjadikan kelinci menjadi hewan yang disukai oleh masyarakat dengan pelayanan sepenuh hati secara total (SIGAP, TANGGAP dan SERGAP)

E. Misi Perusahaan
  1. Mengenalkan jenis-jenis kelinci
  2. Menjadikan hewan kelinci sebagai hewan yang disukai
  3. Menjadi wadah bagi para pecinta hewan kelinci
F. Tujuan Perusahaan
  1. Memperoleh laba yang optimal dan maksimal sebagai hasil dari kinerja perusahaan
  2. Memperoleh manfaat bagi masyarakat
  3. Membantu perekonomian nasional
  4. Memuaskan konsumen dengan produk dan jasa yang ada
  5. Sebagai bagian dari mata pencaharian
G. Bidang Usaha Perusahaan
Bidang Usaha Perusahaan kami yaitu merupakan bidang yang bergerak dalam Produk dan Jasa. Produk yang kami tawarkan yaitu berbagai jenis-jenis kelinci, kandang kelinci, pakan kelinci sedangkan Jasa yang kami tawarkan adalah perkawinan untuk menghasilkan bibit unggul, perawatan dan penyembuhan bagi kelinci yang sakit. 

H. Susunan Kepengurusan

                                                     Direktur Utama

Manajer Keuangan   Manajer Pemasaran    Manajer Produk   Manajer Personalia

         Staff                          Staff                          Staff                     Staff

I. Modal Yang Diinvestasikan

Modal yang diinvestasikan untuk Perusahaan kami adalah sebagai berikut :

Kompensasi Modal Presentase Modal
Jumlah dalam Rupiah
Modal Pribadi
80%

Rp 120.000.000
Modal Pinjaman
20%

Rp 30.000.000

Total

100%

Rp 150.000.000


BAB II
LATAR BELAKANG PENDIRIAN PERUSAHAAN

Pada awalnya kami hanyalah sebuah keluarga yang hanya terdiri dari seorang bapak, seorang ibu dan serta dua orang putri yang memiliki hobi berternak kelinci. Seiring dengan bertambahnya jenis-jenis yang kami punya, kami ingin berbagi kepada para pecinta kelinci yang lain untuk dapat lebih mudah memperoleh jenis-jenis kelinci. Dengan berbagai perhitungan dalam segala jenis bidang ( Ekonomi, Politik, Sosial dan Budaya ) yang ada, kami mencoba mendirikan perusahaan yang tidak hanya menghasilkan laba akan tetapi menghasilkan suatu manfaat bagi masyarakat Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi) pada khususnya dan Indonesia pada umumnya.

Akhir-akhir ini peningkatan akan mengkonsumsi kelinci sangatlah tinggi, mulai dari konsumsi untuk diambil kulitnya, dagingnya maupun untuk dijadikan ternak. Beberapa waktu terakhir prospek cerah kelinci hias semakin bertambah setelah merebak kasus flu burung. Sedikit demi sedikit binatang unggas mulai ditinggalkan, kemudian orang ganti melirik kelinci. Dengan bermodalkan suatu semangat agar dapat memenuhi kebutuhan yang mereka inginkan, kami mencoba untuk memberikan apa yang kami punya dengan maksud dan tujuan ibadah, berbagi ilmu pengetahuan dan informasi yang bermanfaat bagi masyarakat pencinta dan penggemar kelinci di Indonesia.

BAB III
ANALISIS LINGKUNGAN BISNIS

A. Analisis 5 Pilar Utama Bisnis
1. Company ( Perusahaan )
a. Penguasaan Pasar. Cakupan penguasaan pasar dari perusahaan kami adalah seluruh umumnya masyarakat di daerah bandung dan khususnya wisatawan lokal maupun asing. Meskipun perusahaan kami masih tergolong baru, akan tetapi tentunya kami mempunyai optimisme yang sangat tinggi karena perusahaan ini mempunyai konsep yang berbeda dan menarik sesuai dengan permintaan pasar meskipun persaingan cukup berat.

b. Modal Perusahaan. Modal yang diinvestasikan pada perusahaan ini adalah Rp 150.000.000. modal ini berasal dari kepemilikan pribadi perushaan 80% yaitu sebesar 120.000.000 dan pinjaman sebesar 20% yaitu sebesar 30.000.000.

c. Sumberdaya Manusia. Perusahaan kami memiliki Sumber Daya Manusia yang berkompeten. Untuk Sumber Daya Manusia di peternakan kami merekrut dari masyarakat sekitar yang kemudian dilakukan suatu pelatihan yang kami siapkan dengan seksama. Untuk Sumber Daya Manusia di Pet Shop, kami merekrut karyawan/karyawati dengan syarat-syarat tertentu. Kami lakukan itu karena kami sangat mengedepankan pelayanan. Karena sesuai dengan moto kami Customer Is Everything,

d. Teknologi. Peran teknologi pada perusahaan kami sangat penting, karena untuk memuni suatu persyaratan produk kami butuhlah teknologi yang tinggi, misalnya kesehatan kelinci, perawatan kelinci dan lain sebagainya. Oleh karena itu peran teknologi sangat penting

e. Produk. 
Deskripsi Produk. Ras kelinci memiliki ukuran, warna dan panjang bulu, pertumbuhan dan pemanfaatan berbeda-beda antara satu dan lainnya.Ada lebih dari 72 jenis yang menyebar dari segala penjuru dunia. Tapi dari sekian banyak ras, saat ini ada beberapa ras termasuk kelinci ternak yang di kembangkan secara komersial di negara-negara Eropa, Amerika, dan Indonesia.

Ras-ras kelinci tersebut antara lain sebagai berikut :
  1. Angora. Asal usul kelinci ras Angora kurang jelas. Konon, berasal dari kelinci liar yang berkembang secara mutasi dengan spesifik berbulu panjang. Angora pertama kali di temukan dan di bawa oleh pelaut Inggris, kemudian di bawa ke Perancis tahun 1723. Tahun 1777 Angora menyebar ke Jerman . Tahun 1920 meluas ke negara-negara Eropa Timur, Jepang, Kanada, dan Amerika Serikat. Sampai kini Prancis menjadi pusat peternakan kelinci Angora terbesar yang menhasilkan wool. Angora dewasa berbobot 2.7 kg, baik jantan maupun betina. Pertumbuhan bulunya yang sangat cepat yakni 2.5 cm per bulan, membuat kita harus rajin mencukurnya 6-8 cm tiap tiga bulannya.
  2. Lyon. Lyon adalah angora inggris yang tidak jadi kupingnya pendek, wajahnya di penuhi bulu-bulu panjang, mirip seperti lion (singa). Karena masih saudara dekat dengan angora, maka tiap 3 bulan sekali kita harus rajin mencukur bulunya yang cepat tumbuh.
  3. American Chinchilla. Kelinci ras ini dibedakan jadi tiga tipe, yaitu standar (bobot dewasa 2.5-3 kg), besar (bobot dewasa 4.5-5 kg), giant (bobot dewasa 6-7 kg). Semua di manfaatkan untuk ternak dwiguna yaitu produksi fur (kulit) dan daging. Kelinci raksasa alias Giant Chinchilla merupakan hasil persilangan antara Standard Chinchilla dan Flemish Giant.
  4. Dutch. Ras dutch (Belanda) sangat terkenal di seluruh dunia sebagai hewan hias piaraan. bobot dewasa jantan dan betina antara 1.5-2,5 kg. Betina bersifat keibuan fertilitasnya tinggi. Setiap kali melahirkan, kelinci menghasilkan anak 7-8 ekor. Warna bulunya khas, melingkar seperti pelana berwarna putih dari punggung terus ke leher sampai kaki depan bagian belakang dan kepala hitam,cokelat atau abu-abu. Moncong dan dahi putih. Kaki depan seluruhnya putih.Kaki belakang hitam atau warna lain dengan ujung kaki putih.Ada pula yang sekaligus memiliki 3 macam warna, sering di sebut Tricolored Dutch.
  5. English Spot. Ras ini berwarna putih dengan tutul-tutul hitam. Sepanjang punggung ada garis hitam, dari pangkal telinga memanjang sampai ke ujung ekor. Perut bertutul-tutul hitam seperti puting susu. Telinga hitam, mata dilingkari bulu hitam, sehingga tampak seperti memakai kaca mata. Hidung diliputi bulu hitam berbentuk kupu-kupu.
  6. Himalayan. Banyak yang meyakini asalnya dari Cina sebab di sana banyak di jumpai kelinci ini. Mula-mula di bawa dari cina ke Eropa sebagai pengisi kebun binatang dan dikenal dengan nama ‘Kelinci hidung hitam dari Cina’. Warna hitam pada kaki mulai timbul pada umur 3-4 minggu, mula-mula pucat lalu menjadi hitam. Himalayan yang disilangkan dengan New Zealand White, anak-anaknya menyerupai Himalayan. Kalau disilangkan dengan kelinci berwarna lain, keturunannya tak ada yang menyerupai Himalayan.
  7. Flemish Giant. Dapat kita tebak dari namanya, giant= raksasa. Ukurannya memang termasuk sanagat besar untuk ukuran kelinci pada umumnya. Bahkan bertanya pernah mencapai 12 kg.
  8. Havana. Ras ini bertumbuh pendek, kepalanya kecil dan pendek, tapi lebar. Matanya biasanya bercahaya merah delima, telinganya berdiri tegak dengan dasar telinga lebar.Pantat dan kaki belakangnya bulat, berisi penuh. Warna bulunya hitam,biru, dan coklat.
  9. Lop. Lop memiiki ciri khas kepala lebar mata hitam dan telinganya koploh atau menggatung jatuh kebawah, lucu deh, ada yang bilang mirip anjing. Telinganya panjang, lebar, tebal, menggantung dari samping kepala ke bawah tetapi tidak sampai menggeser di tanah. Diantara macam-macam Lop, yang paling terkenal English Lop.
  10. Nederland Dwarf. Ras kelinci kerdil ini berasal dari Belanda, sering juga di panggil kelinci mini, karena jenis ini merupakan jenis kelinci terkecil didunia. Bobot dewasa nya hanya 0.9 kg.Bentuk tubuhnya pendek, kepalanya agak bulat.
  11. New Zealand White. Ras ini merupakan kelinci albino, tak mempunyai bulu yang mengandung pigmen. Bulunya putih mulus, padat, tebal dan agak kasar kalo di raba. Mata merah,asalnya dari New Zealand, makanya dia punya nama New Zealand White.
  12. Polish. Ras ini merupakan kelinci kecil, hampir mirip dengan Nederland Dwarf, hanya sedikit lebih besar. Kepala bulat, telinga tegak sekitar 6 cm panjangnya.Matanya merah delima atau biru.
  13. Rex. Sebenarnya Rex termasuk kelinci baru. Ras ini mulai di kenal di Amerika Serikat sejak tahun 1980-an, sebagai binatang kontes.Yang paling spesial dari Rex yaitu bulunya yang halussss banget. Apalagi kalo si Rex ini hidup di lingkungan yang bersuhu berkisar 5-15 C,makin rendah suhu lingkungan, makin indah dan bagus mutu bulunya. Ras Rex yang paling terkenal adalah White Rex, yang berbulu putih mulus dan tebal. Kualitas bulunya sangat baik, lembut seperti beludru. Ras ini juga di sebut Ermine Rex.
  14. Satin. Ras satin berbulu tebal, badannya panjang, kepala lebar, leher pendek, telinganya yang lebar tampak seimbang dengan badannya. Tulang-tulangnya tampak kuat. Kakinya lurus. Kukunya hitam gelap.
  15. Tan. Ras ini termasuk kelinci kelinci kecil, berwarna cokelat kemerah-merahan.Warnyanya jelas, terang, terdapat di bawah dagu sampai ke dada, tengkuk, dan bawah ekor. Bagian perut sampai bagian sebelah dalam kaki depan juga berwarna cokelat kemerah-merahan. Telapak kakinya putih.

Artikel Terkait: Macam-macam Jenis Kelinci

Selain kelinci, Perusahaan kami Juga menawarkan kandang, tempat makan, tempat minum dan pakan.
  • Kualitas Produk. Prodak kami yang tercipta dari kami sendiri maupun dari pihak luar (ekspor atau kerjasama) sangatlah bernilai tinggi, dalam artian dapat dipertanggungjawabkan. Perusahan kami selalu menyajikan yang terbaik bagi pelanggan, sesuai dengan motto perusahaan kami yaitu “Customer is Everything in Here”
  • Harga Produk. Berdasarkan harga pasaran yang ada di sekitar peternakan di Jabodetabek maupun berdasarkan harga pasaran di Pet Shop Jabodetabek, Perusahaan kami memberikan harga yang sesui dengan jenis, umur dan kualitas dari kelinci tersebut. 
Adapun harga jenis-jenis kelinci tersebut yaitu :
  1. Anggora. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 250.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 3.000.000
  2. Lyon. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 200.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 200.000 – Rp 2.000.000
  3. American Chinchilla. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 150.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 150.000 – Rp 700.000
  4. Dutch. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 200.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 200.000 – Rp 2.000.000
  5. English Spot. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 250.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 3.000.000
  6. Himalayan. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 150.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 150.000 – Rp 700.000
  7. Flemish Giant. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 250.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 3.000.000
  8. Havana. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 250.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 1.000.000
  9. Lop. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 300.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 300.000 – Rp 4.000.00
  10. Nederlan Dwarf. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 200.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 200.000 – Rp 1.000.000
  11. New Zealand White. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 150.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 150.000 – Rp 500.000
  12. Polish. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 150.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 150.000 – Rp 700.000
  13. Rex. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 300.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 300.000 – Rp 4.000.000
  14. Satin. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 200.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 250.000 – Rp 1.000.000
  15. Tan. Umur 1 bulan – 3 bulan : Rp 50.000 – Rp 200.000. Umur 3 bulan – Dewasa : Rp 200.000 – Rp 1.000.000
f.  Diferensiasi.
Diferensiasi Produk. Salah satu produk kami yaitu berbagai jenis kelinci, dapat kami jadikan jenis kelinci baru dengan cara perkawinan silang. Dari hasil perkawinan silang tersebut maka jenis baru itu akan bernilai tinggi.

Sedangkan untuk produk kami yang lainnya, berupa pakan dan bahan baku kebutuhan kelinci, dapat kami tambahan cakupan gizinya untuk pakan sehingga dapat memenuhi gizi bagi kelinci. Sedangkan untuk baha baku kebutuhan kelinci perusahaan kami higga kini masih mengimpor dari luar negeri karena kualitas dalam negeri belum dapat menyaingi. Perushaan kami pun sedang melakukan peneliatan untuk hal tersebut.

Diferensiasi Pelayanan. Sesuai dengan motto kami “Customer is Everthing in Here” maka pelayanan yang kami berikan akan sangat menarik. Kami akan menjadikan konsumen menjadi candu akan pelayanan kami

g. Analisis Permintaan. Dari hasil kuesioner yang kami sebar, dapat diambil kesimpulan bahwa analisa permintaan masyarakat akan produk dan jasa perusahaan kami yaitu :

Berdasarkan Status Sosial :
  • Ibu Rumah Tangga 23,45%
  • Karyawan 27,15%
  • Mahasiswa / Pelajar 49,40%
Berdasarkan Usia :
  • 15 – 30 tahun 53,21%
  • 31 – 45 tahun 27,19%
  • 46 – 60 tahun 15,75%
  • 61 – 75 tahun 3,85%
Berdasarkan Jenis Kelamin :
  • Laki – Laki 43,27%
  • Perempuan 56,73%
2. Customer ( Konsumen / Pelanggan )
Calon konsumen perusahaan adalah masyarakat Jabodetabek, para wisatawan lokal maupun asing dalam berbagai tingkatan umur. Produk kami juga dapat digunakan oleh berbagai kalangan masyarkat, tanpa melihat perbedaan genre.

3. Competitor ( Pesaing )
  1. Jumlah Kompetior. Dengan hasil hasil survey yang kami lakukan terdapat kurang lebih 100 peternak kelinci dan 25 Pet Shop di kota Jabodetabek.
  2. Penguasaan Skala Ekonomi. Pada saat ini penguasaan skala ekonomi peternak kelinci yaitu 25%, sedangkan untuk penguasaan skala ekonomi Pet Shop yaitu 27%
  3. Merek. Nama kompetitor kami, untuk peternakan yang cukup dikenal oleh masyarakat yaitu XYZ Rabbit. Sedangkan untuk Pet Shop yaitu XYZ Shop,
  4. Loyalitas Pelanggan. Untuk dapat menciptakan loyalitas pelanggan terhadap perusahaan kami maka diperlukan proses waktu yang tidak sebentar. Perusahaan harus dapat memberikan jaminan dan pelayanan yang dapat memberi kepuasan kepada pelanggan, sehingga pelanggan merasa yakin bahwa perusahaan kami merupakan tempat yang cocok dan pas dengan mereka. Adapun contoh untuk meningkatkan loyalitas pelanggan adalah : (1) Memberikan pelayanan yang memuaskan. (2) Harga yang sesuai dengan konsumen. (3)  Tempat yang menyenangkan.
  5. Diferensiasi Chanel ( Perantara ). Perantara dapat melalui media periklanan, diantaranya yaitu majalah remaja, radio dan internet.
  6. Jumlah Perantara. Jumlah perantara berkisar antara kurang lebih 100 peternak kecil.
  7. Harga yang Ditawarkan. Untuk harga yang ditawarkan oleh peternak kelinci, kisaran harganya lebih murah di bandingkan harga perusahaan kami. Untuk Pet Shop kisaran produk dan jasa perusahaan kami jauh lebih murah dan memuaskan.
  8. Kualitas Perantara. Kualitas persantara sangatlah berkompeten, baik dari segi kualitas maupun kuantitas
4. Center ( Pemasok )
Perusahaan kami bekerja sama dengan peternak-peternak kecil di Jabodetabek dengan tujuan melengkapi berbagai jenis-jenis kelinci yang ada serta mempermudah peternak kecil untuk menjualnya. Kami mengambil berbagai jenis kelinci dari peternak yang berbeda, rinciannya sebagai berikut :
  • Untuk Kelinci Jenis : Anggora dan Lyon. Kami mengambil dari peternak “Kelompok Angora & Lyon Rabbit”
  • Untuk Kelinci Jenis : English Spot, Rex, Satin. Kami mengambil dari peternak “Kelompok English Spot, Rex &  Satin Rabbit”
  • Untuk Kelinci Jenis : American Chinchilla, Dutch, Himalayan, Flemish Giant. Kami mengambil dari peternak “Kelompok American Chinchilla, Dutch, Himalayan & Flemish Giant Rabbit”
  • Untuk Kelinci Jenis : Havana, Lop, Nederlan Dwarf, New Zealand White, Polish, Tan. Kami mengambil dari peternak “Kelompok Havana, Lop, Nederlan Dwarf, New Zealand White, Polish & Tan Rabbit”
Sedangkan untuk pakan kelinci, perlengkapan kandang, minum dan tempat makan, kami bekerjasama dengan distributor dan pabrikan  terpercaya dengan produk yang berkualitas dan harga murah.

5. Change ( Kekuatan Perusahaan di dalam Mengadaptasi Lingkungan)
Di area market perusahaan kami, pesaing belum benar-benar berpengaruh, terbukti dengan masih banyaknya masyarakat yang kesulitan untuk mendapat kan jenis-jenis kelinci yang diinginkan. Perusahaan kami, untuk itu memilih lokasi peternakan dan Kios di Bogor Asri  yang cukup strategis. Sedangkan produk kami mempunyai banyak keunggulan yaitu dari komplitnya jenis kelinci yang di tawarkan dan pelayanan jasa yang sangat memuaskan, ramah dan menyentuh hati.

B. Analisa SWOT / TOWS
SWOT Singkatan dari Strength Weaknesses Opportunitis Threats (Kekuatan Kelemahan Kesempatan Ancaman). Sedangkan pengertian analisis SWOT itu sendiri adalah suatu analisis yang dilakukan dengan cara memahami serta meneliti kinerja perusahaan. Analisis SWOT ini memungkinkan manajer untuk mengembangkan model stretegi organisasi yang didasarkan pada informasi yang telah dikumpulkan. Analisis SWOT mengasumsikan bahwa oraganisasi akan mencapai strategi yang suskses dengan memaksimumkan kekuatan dan peluang serta meminimalkan kelemahan serta hambatan.
  • Strengths (Kekuatan). Perusahaan kami mempunyai berbagai jenis-jenis kelinci yang sangat komplit, berbeda dengan peternak dan Pet Shop yang mewarkan sebagian dari jenis kelinci yang ada. Selain itu, Perusahaan kami harga kelinci yang terjangkau dibandingkan Pet Shop dan flexibel sesui dengan kemampuan konsumen.
  • Weaknesses (Kelemahan). Kelemahan dari Perusahaan kami yaitu sulitnya menerima pemesanan jarak jauh, dikarenakan daya tahan kelinci yang rendah tidak memungkinkan konsumen yang jauh berada di luar kota untuk melakukan pemesanan.
  • Opportunities (Kesempatan). Permintaan kelinci untuk dikonsumsi dan diternakan kembali semakin meningkat, maka kami mendekatkan diri kepada konsumen dengan meningkatkan mutu dan pelayanan sehingga nama Perusahaan kami menjadi terkenal akan kualitas dan kuantitas produk dengan harga murah dan terjangkau sehingga disegani oleh pesaing yang ada.
  • Threats (Ancaman). Sejauh ini ancaman dari peternak dan Pet Shop di Jabodetabek belum terlalu berpengaruh, hal ini terbukti dengan kuesioner dan survei yang kita kerjakan bahwa konsumen lebih memilih membeli produk dan jasa di Perusahaan kami
C. Analisa POAC
POAC Singkatan dari Planning Organizing Actuating Controlling (Perencanaan Pengorganisasian Penggerakan Pengawasan). Analisis ini mengasumsikan bahwa oraganisasi akan mencapai strategi yang suskses dengan menggunakan beberapa prosedural.
  • Planning ( Perencanaan ). Perusahaan kami mempunyai perencan yang sangatlah matang. Dapat dilihat dari segi kesiapan berbagai jenis produk, misalnya berbagai jenis kelinci, pakan dan aksesorisnya dapat di katakan komplit dan paling lengkap untuk kawasan Jabodetabek. Selain itu perencaan perusahaan kami juga memiliki market plan yang unik dan berbeda dari perusahaan lain yang bergerak pada bidang yang sama, sehingga menimbulkan ketertarikan bagi para konsumen.
  • Organizing ( Pengorganisasian ). Untuk pengorganisasian, perusahaan kami cukup detail dalam segi ini. Karena tergolong perusahaan baru, maka kami cukuplah berkembang pesat dan disegani oleh perusahaan lain. Mulai dari pengorganisasian Sumber Daya Manusia maupun pengorganisasian produk-produknya
  • Actuating ( Pergerakan ). Di dalam pergerakannya, perusahaan kami bukanlah perusahaan yang minim akan pergerakan. Kami mulai bergerak dalam segi promosi, peningkatan pelayanan dan lain sebagainya merupakan pergerakan yang dapat diperhitungkan oleh perusahaan kami. Kami melakukannya berbeda dengan perusahaan yang lain, oleh karena itu konsumen lebih memilih produk dan pelayanan yang dilakukan oleh perusahaan kami.
  • Controlling ( Pengawasan ). Pengawasan disini berfungsi sebagai suatu pengalaman yang harus dipertahankan dan diperbaiki. Setelah pengawasan dilakukan, tentu saja terdapat kebaikan dan keburukan didalamnya, oleh karena itu, kami selalu mempertahankan segala kebaikan dan memperbaiki keburukan dari segala tindakan yang kami perbuat. Itu dilakukan karena kami inginkan kepuasan bagi perusahaan kami dan juga para pelanggan. 
BAB IV
STRATEGI PERUSAHAAN / BISNIS

A. Cara Meningkatkan Produksi
Kelinci mempunyai potensi biologis yang tinggi, yaitu kemampuan reproduksi yang tinggi, cepat berkembang biak, interval kelahiran yang pendek, prolifikasi yang sangat tinggi, mudah pemeliharan dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Keuntungan lainnya yaitu pertumbuhan yang cepat dan dalam satu kali reproduksi, kelinci dapat melahirkan 4-12 ekor anak, oleh karena itu peningkatan produksi dalam bisnis kelinci sangatlah potensial.

Cara meningkatkan produksi ternak kelinci yaitu dengan cara mengawinkan kelinci jantan dengan kelinci betina menggunakan perbandingan 1 : 10 . Maksudnya yaitu, satu kelinci jantan dapat mengawinkan sepuluh kelinci betina. Interval kelahiran kelinci sangatlah pendek. Kelinci hamil hanya 40 hari dan masa sapih hanya 37 hari. Setelah masa sapih tuntas, kelinci sudah siap untuk dikawinkan lagi tanpa menimbulkan resiko yang ada. Metode tersebut dapat digunakan oleh berbagai jenis kelinci yang ada.

B. Memperbesar Usaha
Banyak sekali peternak kelinci yang awalnya hanya memiliki sepasang kelinci, jantan dan betina, menjadi sebuah peternakan yang memiliki omset ratusan juta. Karena daya pertumbuhan kelinci sangatlah tinggi maka memperbanyak kelinci sangatlah mudah.

Memperbesar usaha ternak kelinci yaitu dengan cara membuka peternakan di luar kota dengan maksud mempermudah cakupan pesanan dan membuka Pet Shop. Selain itu memperkuat pemasaran dengan maksud agar masyarakat tahu keberadaan kami, dan kami akan membuat link dengan berbagai kalangan masyarat, seperti para peneliti, para pemilik Pet Shop, dan lainnnya.

C. Mengatasi Pesaing
Untuk mengatasi suatu persaingan dalam bisnis kelinci, yaitu dengan cara memperbaiki kualitias produk baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Semua bisnis pasti terikat dengan yang namanya persaingan, kecuali monopoli. Dunia bisnis memang tidak jauh dari aroma persaingan, satu dengan lainnya saling menunjukan taringnya di depan konsumen. Setiap perusahaan berusaha memberikan sesuatu yang terbaik dari perusahaannya tidak lain hanya untuk menarik atau merebut hati para calon konsumennya dengan menciptakan inovasi yang baru. Akan tetapi jangan jadikan persaingan sebagai sebuah penghalang, tapi jadikanlah persaingan menjadi batu loncatan yang dapat membawa perusahaan selangkah lebih maju didepan kompetitor. Disini saya mencoba untuk melakukannya, dengan menganggap persaingan sebagai media pengembangan diri sehingga dapat memunculkan ide-ide baru yang lebih kreatif dan inovatif bagi perkembangan perusahaan ke depannya.

D. Mengatasi Masalah Kebangkrutan
Dalam dunia usaha, kebangkrutan merupakan suatu hal yang paling ditakuti setiap perusahaan. Tak sedikit orang yang sukses berwirausaha dan tak sedikit juga orang yang gagal atau bangkrut. Untuk mengatasi masalah kebangkrutan maka perlunya diadakan pembenahan di dalam sistem perusahaan sendiri yang lebih di fokuskan pada manajemen keuangan yang ada di perusahaan. Disini, peranan sebagai pemilik perusahaan harus dapat lebih mengkontrol dari setiap divisi yang ada dan juga dalam kegiatan usaha sehingga perusahaan pun dapat terhindar dari kebangkrutan.

BAB V
STRATEGI FUNGSIONAL PERUSAHAAN

1. Manajemen Sumber Daya Manusia. Manusia merupakan unsur yang penting dalam menjalankan suatu perusahaan, oleh sebab itu perusahaan sangat membutuhkan manusia yang mampu menjalankan tugasnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya, sehingga perusahaan dapat berdiri dengan degak dari masa ke masa sesuai dengan apa yang diharapkan.

2. Manajemen Keuangan. Uang merupakan salah satu unsur yang tidak dapat diabaikan. Uang merupakan alat tukar dan alat pengukur nilai. Besar-kecilnya hasil kegiatan dapat diukur dari jumlah uang yang beredar dalam perusahaan. Oleh karena itu uang merupakan alat (tools) yang penting untuk mencapai tujuan karena segala sesuatu harus diperhitungkan secara rasional. Hal ini akan berhubungan dengan berapa uang yang harus disediakan untuk membiayai gaji tenaga kerja, alat-alat yang dibutuhkan dan harus dibeli serta berapa hasil yang akan dicapai dari suatu organisasi.

3. Manajeman Operasi / Jasa
Proses Penyediaan Barang. Perusahaan kami merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran kelinci dan kebutuhannya , karena frekuensi pengeluaran kelinci tersebut tinggi, sehingga penyediaan barang di Perusahaan kami harus terus di up date. Hal ini dilakukan untuk memuaskan pelanggan agar dapat terlihat sempurna.

Pembelian dilakukan dengan pemesanan melalui telepon terlebih dulu, kemudian pihak yang bersangkutan akan mengirimkan barang langsung ke tempat tujuan. Persediaan barang dilakukan dengan cara pembayaran tunai setelah barang tersebut diterima oleh pihak Perusahaan kami.

4. Manajemen Pemasaran. Pemasaran adalah sebuah proses dalam memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Jadi, segala kegiatan dalam hubungannya dalam pemuasan kebutuhan dan keinginan manusia merupakan bagian dari konsep pemasaran. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia.

Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia lah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.

Targeting
Setiap perusahaan memiliki beberapa target untuk dicapai. Perusahaan kami memiliki beberapa target pencapaian, diantaranya yaitu :
  1. Target Jangka Pendek. (a) Perusahaan kami dapat eksis dengan image yang baik. (b).Perusahaan kami dapat menjadi panutan setiap pengunjung.
  2. Target Jangka Menengah. (a). Membuka cabang di kota-kota besar. (b).Dapat meningkatkan jumlah pelanggan
  3. Target Jangkan Panjang. Dapat menjadi toko yang paling ternama di seluruh Indonesia
Positioning
Perusahaan kami adalah toko yang tergolong baru, sehingga belum dapat memeberikan image yang baik dan meningkatkan eksistensinya. Oleh karena itu Perusahaan kami akan memposisikan sebagai toko yang mampu menandingi toko-toko yang lebih dulu terkenal dibandingkan Perusahaan kami. Perusahaan kami akan terus meningkatkan eksistensinya, sehingga pada akhirnya Perusahaan kami akan menjadi toko yang paling banyak diminati oleh berbagai lapisan masyarakat

Bauran Pemasaran Barang
Product
Perusahaan kami merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang pemasaran kelinci dan kebutuhannya. Mulai dari berbagai majam jenis kelinci, pakan kelinci serta aksesorisnya. Keunggukan dari Perusahaan kami yaitu bekerjasama dengan banyak para peternak kecil yang unggul dan pet shop terkemuka bahkan kami mengimpor barang yang dibutuhkan, sehingga kualitas dan kuantitasnya tidak diragukan lagi.

Price
Harga yang ditetapkan oleh Perusahaan kami adalah harga yang telah ditetapkan oleh perusahaan-perusahaan yang bekerjasama dengan Perusahaan kami . Tetapi harga di Perusahaan kami lebih murah dibandingkan dengan toko yang menjual produk yang sejenis, hal ini disebabkan Perusahaan kami sudah menjadi pelanggan tetap dan adanya pertalian keluarga dengan perusahaan-perusahaan yang terkait.

Place
Untuk peternakan dan kios, perusahaan kami berlokasi di Bogor Asri, Jl. Raya Bogor KM 49.

Promotion
Untuk memasarkan produknya, Perusahaan kami memiliki beberapa strategis, antara lain yaitu :
  1. Pembagian brosur.
  2. Pembagian hadiah langsung, seperti gantungan kunci.
  3. Media periklanan, seperti radio, majalah dan internet.
Physical Evidance
  1. Peternakan
  2. Bangunan
  3. 7 unit Komputer
  4. 8 unit AC
  5. 2 unit mobil
  6. 5 set peralatan kantor
People
Agar kegiatan operasional dapat terlaksana dengan baik maka diperlukan orang-orang yang handal atau ahli dan terlatih yang merupakan orang-orang yang terpilih dalam proses seleksi yang Perusahaan kami telah laksanakan. Dengan demikian diharapkan Perusahaan kami dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan. Adapun orang-orang yang terlibat dalam Perusahaan kami, diantaranya 1 direktur utama, 1 manajer keuangan, 1 manajer pemasaran, 1 manajer produk, 1 manajer personalia, 3 karyawan gudang, 2 kasir, 8 pramuniagawati, 4 office boy & girl, dan 3 security.

Proses
Pemasaran dilakukan melalui 2 proses, yaitu :
  1. Langsung. Konsumen dapat datang langsung ke tempat untuk membeli produk yang ditawarkan Perusahaan kami.
  2. Tidak Langsung. Konsumen dapat memesan melalui internet. Pembayaran dapat dilakukan melalui transfer, kemudian untuk pengambilan barang, konsumen hanya menunjukan bukti pembayaran.

BAB VI
PENUTUP

Demikian business plan ini dibuat dengan harapan dapat berguna bagi penyusun khususnya dan bagi para pembaca umumnya. Tidak lupa juga penyusun sampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada pihak-pihak yang telah membantu sehingga business plan ini dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Manusia tidak pernah luput dari adanya kesalahan, oleh sebab itu penyusun mengucapkan maaf yang sebesar-besarnya apabila terdapat kesalahan dalam business plan ini. Semoga business plan ini dapat bermanfaat bagi penyusun maupun pembaca.

    Sumber: Dari berbagai sumber Media Informasi

    Tidak ada komentar:

    Poskan Komentar