Jumat, 11 Februari 2011

Perkawinan dan Tanda-tanda Kelinci Hamil

Kelinci betina jenis ukuran kecil normalnya bisa dikawinkan pada usia 5 bulan dan yang jantan pada usia 6 bulan, kelinci betina jenis ukuran medium pada usia 6 bulan dan yang jantan usia 7 bulan, Kelinci betina jenis ukuran besar pada usia 8 bulan dan yang jantannya pada usia 9 bulan.

Adalah hal yang penting untuk memiliki indukan yang memiliki reputasi baik jika Anda ingin mendapatkan keturunan kelinci yang baik pula.

Perbandingan yang umum dalam peternakan kelinci adalah satu ekor jantan untuk 10 ekor betina. Kelinci jantan dewasa dapat kawin sebanyak 7 kali seminggu secara efektif dan kadang-kadang dalam 1 hari kelinci jantan dapat kawin sebanyak 2 kali.

Kelinci betina dapat dikawinkan lagi pada hari ke 7-14 setelah masa beranak sehingga hal ini dapat memperpendek selang beranak. Selang beranak yaitu waktu yang dibutuhkan oleh induk dari satu beranak ke beranak berikutnya.

Jenis perkawinan kelinci :
Kawin kandang
Perkawinan dilakukan dengan cara alam. Perkawinan alam memberikan hasil kebuntingan tertinggi dan merupakan cara yang umum dilakukan pada ternak kelinci. Perkawinan dapat dilakukan dengan membawa kelinci betina ke kandang kelinci jantan, jangan sebaliknya karena sebab kalau terbalik, kelinci jantan tersebut akan diserang oleh kelinci betina sehingga nafsu si pejantan akan menjadi lemah bahkan hilang sama sekali. Atau kalau tidak diserangpun kadang-kadang kelinci jantan akan menghabiskan waktunya untuk mengendus seluruh bagian kandang betina. Kemudian perhatikan secara intens untuk memastikan bahwa kelinci tersebut telah kawin. Perkawinan sebaiknya dilakukan selama 3 kali dalam kurun waktu 2-3 menit.

“Apabila betina belum siap menerima pejantan maka betina dikumpulkan bersama pejantan dalam waktu 2 x 24 jam didalam kandang pejantan”


Kawin sodor (Kawin bantu)
Beberapa induk menolak untuk dikawinkan padahal alat reproduksinya sudah siap untuk kawin. Hal tersebut dapat diatasi dengan kawin sodor. Kawin sodor dilakukan dengan cara membawa kelinci betina ke kandang kelinci jantan. Tangan kanan memegang lipatan kulit leher dan tangan kiri disodorkan di bawah kedua kaki belakang. Vulva kelinci berada diantara ibu jari dan telunjuk, selanjutnya saat kelinci jantan ereksi, vulva diarahkan tepat kearah penis kelinci pejantan yang ereksi tersebut dan biarkan sampai kelinci jantan jatuh terkulai ke keri atau kekanan kelinci betina. Dengan cara ini biasanya kawin sodor dapat berjalan sesuai dengan rencana peternak.

Tanda-tanda Kelinci Hamil. Secara umum tanda-tanda kelinci yang sedang hamil adalah si kelinci betina akan menolak untuk didekati oleh kelinci pejantan setelah masa kawinnya, kemudian dengan berjalannya waktu, si Calon induk akan mulai terlihat mengumpulkan jerami-jerami/sobekan kertas koran serta disertai dengan perontokan bulu untuk membuat sarangnya kira-kira seminggu sebelum masa kelahirannya. Kelinci yang sedang hamil juga memiliki nafsu makan/minum yang bertambah, maklum makanan yang tadinya hanya untuk si Calon induk kini harus berbagi dengan calon bayi yang dikandungnya. Kadang-kadang prilaku agresive juga ditunjukan dan biasanya ini dialami oleh kelinci yang baru pertama kali mengalami proses kehamilannya.

Tanda-tanda kehamilan yang disebutkan tersebut adalah tanda-tanda berlaku umum dan tentu saja tingkat ke-akurasiannya tidak dapat dijadikan sebagai acuan baku. Karena bisa saja Kelinci-kelinci tersebut memiliki tanda-tanda itu, tapi toh ternyata tidak hamil.

Sebetulnya ada salah satu metode lagi yang sangat representative untuk memastikan kelinci tersebut itu hamil atau tidak. Saya yakin para pembaca pasti langsung menuju ke satu kata yang sama, yakni “Teknik Perabaan / Palpasi”.

Banyak para pemilik kelinci menilai bahwa teknik Palpasi ini adalah sulit untuk dipelajari, padahal jika ada kemauan tekni Palpasi ini sangat mudah untuk dipelajari dan dipraketkan. Teknik palpasi ini dapat dilakukan pada kelinci yang sudah dikawinkan sekitar 10 hari sebelumnya. Tentunya kelinci yang sudah mengalami kehamilan kedua, ketiga dst, adalah sangat mudah dalam mem-praktekan teknik palpasi ini dibandingkan dengan kelinci yang baru pertama kali kehamilannya.

Jadi gimana donk, cara-cara melakukan praktek palpasi? wah dah gak sabar rupanya ya…. Oke kita langsung ke pokok materinya.

Setelah kelinci dikawinkan selama 10 hari dan jika perkawinan tersebut sukses, maka akan terbentuk janin. Ukuran janin setiap jenis kelinci adalah seragam dan hampir seluruhnya menyerupai ukuran buah blueberry/buah arbei. Dari ukuran, tidak ada perbedaan antara fetus/janin dengan kotorannya. Meskipun secara ukurannya adalah sama, tapi ada perbedaan dari bentuknya.

Kotoran kelinci menyerupai padatan seperti batu karang dan tidak akan berubah bentuknya sewaktu dilakukan palpasi, berbeda dengan janin yang konturnya seperti menyerupai gel yang lembut dan dapat berubah bentuknya sewaktu dilakukan palpasi.

Langkah-langkah melakukan teknik perabaan / Palpasi :
  1. Tempatkan kelinci pada bidang datar dengan ketinggian yang nyaman untuk anda, bisa digunakan meja makan atau meja yang lain. Kemudian letakan telapak tangan pada permukaan meja. Satu tangan memegang dibagian kepala kelinci sambil menekannya secara lembut agar sikelinci terlihat membungkuk. Kemudian dorong telapak tangan anda kebagian bawah perut kelinci dengan posisi telapak menghadap kebawah.
  2. Setelah telapak tangan anda berada dibawah perut sikelinci, kemudianbalik telapak tangan menghadap keatas hanya dengan mengangkat pergelangan tangan, posisi jari dan ibu jari tetap berada disisi sebelumnya. Dan gerakan ini seakan-akan seperti memakaikan saddle/pelana pada perut si Kelinci. Lakukan tekanan sambil meraba dengan seluruh jari pada perut si Kelinci .
Beberapa orang mungkin bingung untuk membedakan antara kotoran dengan embrio, tapi hal ini bisa dihindari bahwa kotoran memiliki tekstur yang keras, akan terasa pada bagian perut yang mendekati tulang belakang sedangkan emrio adalah bertekstur gel (kenyal) dan biasanya bisa ditemukan pada bagian tengah perut. Melakukan teknik palpasi pada masa kehamilan yang telah melewati 2 minggu adalah lebih mudah menemukan embrio dibandingkan yang 10 hari karena pada janin yang berusia 2 minggu biasanya embrio sudah mulai turun kebawah.

Jika pada usia 2 minggu ini belum juga ditemukan adanya kehamilan, maka si Kelinci bisa dikawinkan kembali.

Sumber: Dari berbagai sumber di Internet

16 komentar:

  1. kalo kelinci saya dari dulu sudah 1 kandang
    nah,,, gmn tuh cara kawin nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau sudah satu kandang, usia sudah dewasa, siap kawin, jenis kelamin jantan dan betina, mestinya sih klo sudah dan sedang birahi, akan terjadi perkawinan yang sempurna, umumnya bisa langsung bunting, terjadi pembuahan dan jika akan dikawin lagi, biasanya betina akan menolak, menghindar. karena sedang dalam kondisi bunting....

      Hapus
  2. wah kayaknya kelinci saya juga bunting neh, dari kecil dah 1 kandang dan kemaren baru aja maen esek2 sama yang jantan.
    ===================
    kelinci hias

    BalasHapus
    Balasan
    1. Usia min 5bln kalau sudah terjadi perkawinan dan pembuahan bisa jadi bunting... coba cek kelinci betinanya dengan meraba bagian bawah perut, apakah ada jendolan lunak bergerak sebesar buah stowberi/kelereng?. Perhatikan juga usia mulai kawin sama bunting, apakah sudah memasuki masa melahirkan? biasanya sampai usia 30-35hari.

      Hapus
    2. Sya punya kelinci tiga dan umurnya udh stu thun lbih tp udah sktr 3 blan sy kawinin sma jantan. Tp smpai saat ni klnci sya blum hamil.
      Tlogg.. jawab.

      Hapus
  3. selamat malam pak, prosesnya itu apakah ketika blm masa kawin yaitu umur 2-3 bulan kelinci sejak saat itu d pisahkn antara si betina dan si jantan???kemudian klo sudah wktunya antara 5-6 bln k atas bru bs satukn dlm kandang untuk terjadi perkawinan???mhn penjelasannya pak, saya masih pemula nih...trma ksh

    BalasHapus
  4. makasih infonya mas, komplit sekali, sangat bermanfaat bagi pemula seperti saya. http://bamsbreeder.blogspot.com

    BalasHapus
  5. kalau kelinci jantan dan betina satu kandang terus apakah akan kawin?
    apa harus dipisahkan antara jantan dan betina supaya mereka kawin?

    BalasHapus
  6. Kalo obat buat kelinci,agar gak sakit2n apa tuh?

    BalasHapus
  7. Kelinci saya sudah kawin beberapa x , tapi sudah sebulan ini tidak ada tanda2 kehamilannya

    BalasHapus
  8. Kelinci saya sudah kawin beberapa x , tapi sudah sebulan ini tidak ada tanda2 kehamilannya

    BalasHapus
  9. Gan kelinci saya kok gk mau d ajaknkawin ea
    Klo d kawinin bunyi nguk" lo

    BalasHapus
  10. Kelinci saya ras australil dan ras german,anaknya bakalan gimana gan?

    BalasHapus
  11. Kelinci saya ada yang sdh satu kandang berbulan2 ga hamil2 juga,diraba jg bingung tu hamil atau kekenyangan, jd saya selalu gagal dlm mengawini kelinci, si betina pernah saya datangkan ke kadang jantan,kenapa malah si betina lbh agresif dan menaiki punggung pejantan, pdhl jelas dia induk betina?

    BalasHapus
  12. Saya punya 2 kelinci, terus saya lepas di lapangan tiba tiba dia kawin tetapi badannya beda yg jantan besar yang betina kecil dan beda umur, tapi pas saya lepas kelapangan lagi udh ga keliatan tanda kawinnya? Saya mau nanya min apakah kelinci saya udh kawin?

    BalasHapus

Penyakit yang umumnya Menyerang Kelinci

Penyakit kelinci seperti penyakit pada makhluk hidup lainnya tentu ada banyak sekali. Tetapi ada beberapa penyakit yang sering muncul dan...